Yuk Simak Perbandingan Rata-rata Kecepatan Internet 5G di Indonesia pada Tahun 2022

Senin, Juli 25th 2022.

Para Peneliti dan Perusahaan Programmer Jaringan 5G hingga saat ini masih berusaha keras dalam mengembangkan riset jaringan 5G besar-besaran ini secara terus menerus Dimana memang sepertinya pengembangan jaringan 5G ini terlihat sangat sulit untuk didapatkan terutama jika digunakan di Indonesia.Untuk Itu Pengembangan jaringan 5G ini memang masih dalam proses dan sedang diusahakan stabil digunakan dalam berabgai daerah di indonesia. Perusahaan riset jaringan mobile, Opensignal akhirnya merilis laporan terbaru terkait perkembangan jaringan seluler 5G di Indonesia. Berdasarkan laporan yang diberikan , penggunaan jaringan seluler 5G di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dan jauh lebih cepat dibandingkan dengan teknologi 4G dan 3G, ketika digunakan untuk streaming video. Riset yang dilakukan OpenSignal pada periode 1 Februari hingga 1 Mei 2022 menemukan bahwa rata-rata kecepatan download internet 5G di Indonesia adalah 64,3 Mbps.Yang mana sangat jauh lebih cepat dari pada jaringan 4G dimana jaringan 4G kecepatan downloadnya hanya sampai 16,4 Mbps.

Peningkatan juga terjadi dalam kecepatan upload (unggah) di jaringan 5G tentunya. Kecepatan unggah pada perangkat yang terhubung ke jaringan 5G dapat menembus angka 19,6 Mbps. Besaran angka tersebut lebih cepat 2,6 kali daripada kecepatan unggah rata-rata di jaringan 4G dan 3,6 kali lebih cepat dibandingkan jaringan 3G.

Sebagai perbandingan, kecepatan unggah rata-rata di jaringan 4G menunjukkan angka 7,4 Mbps, sedangkan di jaringan 3G mencapai 2 Mbps.Pada riset kali ini, Perusahaan OpenSignal mengatakan bahwa kecepatan unggah menjadi salah satu aspek terpenting dan yang paling harus diutamakan karena menjadi faktor penentu adanya perubahan pola penggunaan dan kebiasaan konsumsi pengguna smartphone di Indonesia Karena memang pada era digital banyak orang yang ingin mengunggah file dengan cepat dan mendownloadnya dengan lebih cepat pula yang mana hal itu sangat dibutuhkan dalam konsumsi digital. Peningkatan kecepatan unggah di jaringan 5G tentu dapat memengaruhi tingkat kenyamanan dalam penggunaan yang begitu cepat pengguna smartphone dalam melakukan aktivitas seperti berbagi foto atau video di media sosial atau sebagai lampiran sebuah dokumen penting.

Karena pada era digital ini memang smartphone sudah menguasai dunia dan merupakan fasilitas yang penting terutama di Indonesia , dengan adanya smartphone yang mudah digunakan kemana-mana dan jaringan yang bisa di gunakan di berbagai tempat akan membuat pengguna jadi lebih nyaman.

Dimana sudah semakin luas cakupan layanan online seperti video streaming yang dilakukan pada beberapa platform dan dilakukan riset dalam kecepatan streaming tersebut jaringan yang cepat sangat dibutuhkan dalam menunjang aktivitas digital sehari-hari. Dari hasil analisa tersebut, peserta riset menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi di rentang angka 69,6 dari 100 poin (Very Good) ketika streaming video menggunakan jaringan 5G di Indonesia Yang mana maksudnya juga sangat kencang dan nyaman. Pada kegiatan serupa, peserta yang terkoneksi ke jaringan 4G memberikan skor 43,9 (Fair) dan 24,5 poin (Poor) untuk jaringan 3G.

Riset Jaringan 5G ini masih dalam tahap perkembangan dan akan di lakukan dan dipermajukan terus menerus hingga jadi matang dan maksimal , kita nantikan saja bagaimana dan kapan jaringan 5G ini akan resmi rilis dan bisa di gunakan oleh banyak orang di dunia khususnya di Indonesia

Seperti yang kita lihat .Hingga saat ini terdapat tiga operator seluler yang sudah menggelar jaringan 5G di Indonesia, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison dan XL Axiata. Telkomsel merupakan operator seluler pertama yang menggelar jaringan 5G di Indonesia, tepatnya pada Mei 2021 lalu.Memang perusahaan jaringan di indonesia belum banyak yang bisa menyedakan jaringan 5G yang stabil dan bagus namun tentunya hal ini akan dikembangkan terus menerus. Langkah tersebut kemudian disusul dengan upaya pengadaan 5G yang dilakukan Indosat Ooredoo Hutchison pada Juni 2021. XL Axiata kemudian menjadi operator seluler ketiga yang menyajikan layanan 5G di Indonesia pada Agustus 2021 lalu yang selalu menyusul keberadaannya.

Sekarang mari kita lihat bagaimana perkembangan jaringan 5G ini sampai pada titik akhir dan puncaknya dan kita semua bisa merasakan jaringan 5G yang lebih kencang dan bisa menggunakan jaringan jadi lebih nyaman dan bagus Karena jaringan yang kencang dan cepat memang sangat dibutuhkan pada era digital ini,terlebih lagi untuk mempermudah nilai konsumsi digital pada saat ini.

(L.Ahm)
Senin,25 Juli 2022
Rp 8.450
Rp 1.500
Rp 45.000
Rp 3.000
Rp 5.350
Rp 5.250