?>
http://sisfora.pekalongankab.go.id/assets/laporan/ https://jdih.sumbawakab.go.id/ https://perpus.pn-wates.go.id/ situs slot https://bpbjsetda.lumajangkab.go.id/sertifikat/kay/ https://siat.unpad.ac.id/eoffice2020/uploads/ https://siat.unpad.ac.id/eoffice2020/uploads/

Penjelasan Tentang Internet Service Provider (ISP)

Minggu, Januari 29th 2023.

Sejak hadirnya internet di tengah kehidupan manusia, kehidupan menjadi lebih praktis dan mudah. Hal-hal yang tadinya terasa sulit sekarang bisa dilakukan dengan mudah.

Mulai dari komunikasi jarak jauh, jualan online, menjadi virtual celebs, dan  lain-lain. Namun, apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana Anda bisa tersambung ke koneksi Internet?  Nah, disitulah ISP banyak berperan. Pendek kata, ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider.

Internet Service Provider (ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa untuk mengakses atau menggunakan Internet. ISP dapat diatur dalam berbagai jenis, seperti komersial, komunitas yang dimiliki masyarakat, non-profit, atau bahkan milik pribadi. Layanan ISP berupa akses internet, internet transit, registrasi untuk nama domain, web hosting, pelayanan Usenet, dan colocation.

 

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

 

Cara kerja ISP

Pertama kali yang dilakukan adalah menghubungkan komputer pengguna ke jaringan menggunakan modem atau router. Otomatis modem akan mengirim permintaan ke ISP. ISP akan memeriksa mengenai bagian alamat statis IP pengguna. Jika respon negatif, ISP akan berkomunikasi dengan server DHCP dan memberitahu alamat IP pengguna. Sebaliknya, permintaan akan diproses. Setelah diproses, ISP akan mengurus alamat IP bagian halaman yang telah diminta oleh pengguna.

Setelah sukses. dia akan mengarahkan ke cache nya sendiri. Jika halaman tersedia di cache, dia akan mengirim data dari halaman itu ke alamat IP pengguna. Sebaliknya, dia akan menelusuri alamat IP yang diminta dan mengirim permintaan ke alamat IP tersebut. Jika permintaan ditolak, pengguna harus mencoba lagi sampai permintaan diterima. Jika diterima, dia akan mentransfer data ke ISP. ISP akan mengarahkan data ini ke alamat IP pengguna. Akhirnya pengguna mendapatkan data yang diminta di dalam komputernya.

ISP memiliki cache yang besar dan mentransfer data ke dan dari ratusan komputer dengan kecepatan super cepat. Sebuah jeda dalam pelayanan mereka dapat menyebabkan kerugian, dan ketidaknyamanan kepada pelanggan mereka, dan fungsi yang tidak tepat mereka dapat mengakibatkan jaringan semakin macet! Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga ISP benar dan memiliki peralatan yang diperlukan untuk melakukannya. perangkat pendingin dan pasokan listrik cadangan adalah salah satu komponen penting yang digunakan oleh ISP untuk memastikan kelancaran nya. komponen ini sangat penting untuk fungsi efektif dari ISP.

 

 

 

( Mhd. ikhsan )

 

Minggu, 01 februari 2023

 

 

 

****TokoRiau.com****

 

Rp 1.950.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 200.000
Rp 230.000.000
Rp 170.000
Rp 120.000.000