Manfaat Timun Bagi Penderita Asam Urat

Minggu, November 27th 2022.

Timun merupakan jenis buah segar yang sering dijadikan sebagai lalapan atau dibuat acar, karena memang timun ini sangat penuh nutrisi dan gizi apalagi timun ini memberikan rasa yang segar dan memiliki banyak kandungan air yang membuat makanan ini jadi lebih enak dan segar. Penderita asam urat direkomendasikan untuk mengikuti pola makan atau diet rendah purin untuk mengelola kadar asam urat di dalam darah dan harus melakukan program diet yang sehat dan bergizi. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita asam urat adalah mentimun.

Penyakit asam urat dapat dipicu oleh penumpukan kristal asam urat di area persendian yang kemudian memicu nyeri sendi dan jaringan di sekitarnya. Kondisi tersebut dapat terjadi ketika di dalam darah terdapat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam jangka panjang. Asam urat ini berasal dari pemecahan zat yang disebut purin yang sering ditemukan dalam banyak makanan. Maka dari itu, bagian dari pengobatan asam urat adalah mengikuti pola makan atau diet rendah purin, seperti mentimun. Buah dengan warna hijau ini memiliki kandungan air yang tinggi dan sejumlah nutrisi yang bermanfaat dalam mengelola kadar asam urat.

1. Memiliki kandungan air yang tinggi

Mentimun baik dikonsumsi penderita asam urat karena kadar airnya yang tinggi. Saat tubuh mendapatkan asupan air yang cukup, maka dengan sendirinya akan mengeluarkan lebih banyak cairan melalui urin. Urin yang terbuang itu sebagian terdiri dari limbah yang berasal dari ginjal termasuk asam urat. Ketika penderita asam urat rutin mengonsumsi mentimun, maka manfaatnya dapat mengontrol kadar asam urat di dalam darah dan dapat membantu metabolisme menjadi lebih baik.

2. Buah rendah purin

Mentimun merupakan buah yang rendah purin. Artinya, tidak ada risiko peningkatan kadar asam urat bagi penderitanya jika mengonsumsi mentimun jadi akan lebih baik dan dapat menyehatkan jika memakan timun.Dalam takaran 100 gram mentimun, buah yang satu ini hanya mengandung sekitar 7,3 mg purin. Sementara pada makanan yang digolongkan sebagai tinggi purin mengandung lebih dari 200 mg purin di setiap 100 gramnya.

3. Mengandung antioksidan yang baik

Mentimun juga termasuk sebagai buah yang kaya akan antioksidan dan antiinflamasi. Ketika rutin dikonsumsi, manfaatnya dapat membantu meredakan nyeri sendi akibat asam urat dan rasa sakit akan jadi lebih berkurang, mencegah peradangan serta meningkatkan kesehatan persendian. Berbagai kandungan nutrisinya juga dapat memulihkan kondisi tubuh yang mengalami kekurangan kalium, yang bisa meningkatkan risiko nyeri sendi.

Nah begitulah informasi tentang manfaat timun bagi pengidap penyakit asam urat, semoga bermanfaat.

(L.Ahm)

Minggu, 27 November 2022

Rp 167.000.000
Rp 2.100.000
Rp 13.950.000
Rp 195.000
Rp 12.000
Rp 2.500