Apa Maksud Dari URL ? Berikut Pengertian dan Fungsi URL

Senin, September 19th 2022.

Jika Anda sering menggunakan dan membaca web atau mencari informasi di penelusuran seperti google, pasti anda pernah mendengar dengan istilah URL pada sebuah Web. Mungkin ketika anda sedang berselancar di google atau mencari informasi anda menemukan istilah URL ini lantas apa maksud dari URL tersebut ? fungsinya apa dan contohnya apa? nah disini kita akan membahasnya.

URL atau Uniform Resource Locator sederhananya adalah sebuah alamat situs web (website). Jadi Maksud dari URL ialah sebuah Alamat situs pada sebuah web yang anda kunjungi. URL terdiri dari beberapa bagian termasuk nama domain untuk memberitahu browser web bagaimana dan dimana mengambil informasi yang diperlukan dan ditampilkan.

Sederhananya, URL berfungsi sebagai alamat menuju situs web yang Anda inginkan jadi jika anda mengetik sebuah alamat di pencarian maka itu disebut dengan URL. Anda perlu untuk memasukan alamat tersebut di dalam addres bar untuk menuju halaman yang ingin Anda lihat. Di bagian pertama URL mengidentifikasi protokol (scheme) yang berfungsi sebagai media akses utama.Bagian kedua URL mengidentifikasi alamat IP atau nama domain dan bagian terakhir dinamakan subdomain yang berfungsi sebagai tempat halaman yang akan Anda tuju.

Lalu, apakah URL dan domain itu sama? Jika diumpamakan situs web (website) adalah sebuah rumah dan untuk menuju rumah tersebut Anda memerlukan alamat yang lengkap. Nah, alamat ini lah dalam istilah di website disebut sebagai URL. Dalam alamat tersebut terdapat juga istilah domain, dan domain diibaratkan sebagai nama pemilik rumah atau nomor rumah saja, informasi yang diberikan tidak selengkap URL. Sehingga jawabannya adalah domain dan URL tidak sama.

Bagian-Bagian dan Fungsi URL

Nah sebelumnya Di atas sudah kita ketahui mengenai beberapa fungsi dari bagian URL, maka dapat disimpulkan bahwa adanya URL memberikan kemudahan para pengguna atau usernya dalam menjelajahi internet. URL juga dapat memberikan user experience sehingga perlu untuk Anda memperhatikan pemilihan nama alamat website Anda. Saat mendesain URL, ada teori berbeda tentang cara penamaannya. Misalnya, di jalur URL, nama negara, tanggal, penulis, dan topik dapat dimasukkan dalam bagian yang disebut sebagai “slug”. Dapat kita ambil contoh URL:

https://www.netflix.com/id-en/.

Dalam badan URL terdapat beberapa bagiannya masing-masing, diantaranya adalah scheme, sub-domain, top-level domain, second level domain, dan subdirectory. Agar lebih mudah dipahami maka kita ambil contoh URL berikut ini: https://www.techtarget.com/searchnetworking/definition/URL.

Subdomain

Subdomain adalah bagian dari domain utama yang berdiri sendiri. Subdomain dapat dikatakan sebagai anak dari domain inti. Lewat subdomain tampilan nama alamat website menjadi tidak terlalu panjang.

Protokol/Scheme

Protokol/Scheme merupakan bagian paling awal dari sebuah URL. Dalam contoh https://www.techtarget.com/searchnetworking/definition/URL, maka yang disebut dengan protokol/scheme adalah “https”. Selain “https” yang sering kita temui adalah http, https, ftps, mailto dan file.

Second Level Domain (SLD)

Second Level Domain (SLD) merupakan nama dari domain tersebut. Dari SLD atau nama domain tersebut pengguna atau user akan mengetahui benar atau tidaknya alamat yang ingin dituju. Dari SLD pula dapat memberikan branding pada situs web (website) kamu secara tidak langsung maka gunakan penamaan yang unik dan mudah diingat.

Top Level Domain

Top level domain terletak pada bagian ketiga dari sebuah badan URL. Penjelasan dari Top Level Domain ini adalah jenis organisasi dari situs web (website) tersebut. Kita ambil contoh URL berikut in, maka yang dinamakan sebagai top level domain adalah bagian “.com”, “.co.id”, “.edu” , dan sebagainya. https://www.techtarget.com/searchnetworking/definition/URL

Subdirectory

Subdirectory adalah ekor URL atau bagian paling akhir sebuah URL. Dalam bagian subdirectory berfungsi untuk mengarahkan pengguna (user) pada halaman spesifik yang ingin dituju. Contoh dalam URL tersebut yakni https://www.techtarget.com/searchnetworking/definition/URL maka yang disebut sebagai subdirectory adalah “definition URL”

Nah begitulah Informasi dari pengertian URL dan Fungsinya, yang mana URL merupakan sebuah Alamat yang ada pada sebuah situs web, dan berbagai fungsi-fungsi  yang ada di dalam URL tersebut untuk menunjang aktivitas web agar jadi lebih baik dan lebih terstruktur.

(L.Ahm)

Senin, 19 September 2022

 

Rp 212.000.000
Rp 6.500
Rp 2.000
Rp 155.000.000
Rp 1.500
Rp (Hubungi CS)