Makanan dan Minuman tutup
TokoRiau.com Loading...
Kembali ke Home

Inilah Beberapa Persamaan Kampas Rem Motor Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha

Rem merupakan bagian mobil yang penting sekali, pemeliharaan rem yang baik adalah sangat penting karena menyangkut faktor keselamatan penumpangnya. Rem yang diperlukan pada mobil ialah yang dapat bekerja dengan baik dapat dipercaya, mempunyai daya pengereman yang cukup dan selain itu rem harus mudah disetel dan diperiksa, silinder master merupakan bagian utama pada sistem rem dan berfungsi untuk menimbulkan tekanan hidrolik, master silinder tunggal.
Kampas rem adalah komponen kendaraan bermotor yang berguna untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Kampas rem adalah komponen yang memiliki beban tinggi mencapai 90% dari komponen lainnya dari kendaraan, Kampas rem umumnya terbuat daribahan asbestos yang ditambahkan unsur lain seperti SiC dan Mn, atau Co. Proses pembuatannya melalui penekanan dan pemanasan (Sintering) yang akan menghasilkan kekuatan, kekerasan, serta meningkatkan gaya gesek. Pemanasan berkisar pada temperatur 130°C-150°C yang menyebabkan perubahan struktur yang membuat partikelnya saling melekat dan membuat bentuk solid yang baik serta matriks pengikat yang kuat.
1. Fungsi Rem
Sistem rem dalam teknik Otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk :
a. Mengurangi kecepatan sampai menghentikan kendaraan.
b. Mengontrol kecepatan selama berkendara.
c. Untuk menahan kendaraan pada saat parkir dan berhenti pada jalan yang menurun atau menanjak.
2. Jenis Kampas Rem Menurut Klasifikasi International
a. OEM (Original Equipment Manufactured) 
OEM adalah jenis kampas rem yang sudah terpasang pada saat membeli motor baru, dimana untuk produsen Honda, Suzuki, dan Kawasaki dikeluarkan oleh pabrikan rem Nissin, sedangkan untuk Yamaha dikeluarkan oleh Akebono.
b. OES (Original Equipment Sparepart)
OES adalah jenis kampas rem yang digunakan sebagai pengganti kampas rem OEM dimana kampas rem ini dibuat oleh pabrikan OEM sehingga mempunyai kode formula yang sama, proses yang sama, kualitas yang sama dan bahan yang sama dengan kampas rem OEM. 
c. AM (After Market)
Jenis ini adalah kampas rem yang beredar di pasaran, dengan kualitas yang beragam. Ada yang mempunyai kualitas lebih rendah dari OEM, dan ada yang lebih tinggi kualitasnya dari OEM.
d. Genuine
Pada dasarnya kampas rem ini masuk dalam kategori jenis After Market. Istilah Genuine hanya untuk membedakan antara asli dan palsu tidaknya produk tersebut.
Dalam hal ini adapun Persamaan Kampas Rem Motor Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha sebagai berikut : 
Terdapat Kampas Rem Depan Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha ada dua bagian yaitu Pertama ada Bagian atau Model Tramol dan Kedua Bagian atau model Disc Brake. Dengan jenis kendaraan berbeda baik tipe dan merek sudah ada persamaan untuk discpad depan dan motor yang menggunakan cakram untuk mengeraman belakang. 
Adapun merek motor Discpad Depan yang sama , apa aja merek nya ini dia sebagai berikut : 
1. Discpad depan sama dengan discpad belakang Motor Satria lama : 
a. Supra
b. Karisma
c. Tige lama
d. Smash 
e. Shogun 
f. Blits
g. Ninja 
2. Discpad depan jenis kedua :
a. Flzr 
b. Vega lama 
c. Jupter Z 
d. Scorpio 
3. Dispad depan merek Glpro sama degan Discpad Belakang KLX 
4. Discpad depan jenis keempat :
a. MX
b. vega r new
c. xeon
d. mio soul
e. mio sporty
f. vixioan
g. byson.
Itulah beberapa Kampas Rem merek motor dari Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha yang hampir sama dan bisa digunakan setiap motor.  Secara umum disc pad sekarang sudah lebih ramah lingkungan karena sudah mengunakan bahan non osbes, kecuali produk-produk local banget produk China. Sementara discpad klas menengah dari DSK, kagawa , Indopart, pada umumnya sudah tidak mengunakan bahan asbes.

Rekomendasi Artikel