Makanan dan Minuman tutup
TokoRiau.com Loading...
Kembali ke Home

Perbedaan VPS dan Cloud Hosting

Perbedaan Virtual Private Server atau VPS dan Cloud Hosting

Apakah Anda termasuk seseorang yang bingung memilih layanan hosting? Ketika bicara mengenai hosting, mungkin sebagian dari Anda langsung berpikir shared hosting. Memang, shared hosting ini cocok untuk website yang baru dirintis. Namun, setelah bisnis dan website yang Anda miliki berkembang, tentu shared hosting tersebut tidak akan mampu memenuhi kebutuhan Anda dalam berbisnis. Maka dari itu, Anda harus berpindah ke paket hosting lain. Lantas paket hosting apa yang cocok untuk bisnis Anda?

Informasi tentang VPS dan Cloud Hosting

Terdapat dua paket yang dapat Anda pilih, yaitu VPS dan cloud hosting. Lantas apa perbedaan VPS dan cloud hosting? Nah, sebelum Anda mengetahui perbedaan antara VPS dan cloud hosting, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa itu VPS dan Cloud hosting. VPS sendiri merupakan sebuah server virtual yang didekasi untuk kebutuhan satu lembaga atau bisnis.VPS ini sebetulnya bekerja dalam sebuah server fisik berkapasitan super besar, namun kapasitas tersebut terbaik menjadi beberapa server virtual dengan kapasitas yang lebuh kecil. Meskipun berada dalam satu server fisik yang sama, server virtual satu dengan yang lain tidak saling terhubung. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir ada orang lain yang dapat mengakses data VPS Anda. Sedangkan cloud hosting adalah sebuah layanan yang bekerja dengan beberapa server virtual sekaligus. 

Beda VPS dan Cloud Hosting

Jadi, pada prinsipnya, cloud hosting ini beker sama persis dengan VPS. Namun, alih-alih bergabung pada satu server fisik, cloud hosting ini bekerja dengan beberapa server virtual sekaligus. Sementara itu, salah satu perbedaan VPS dan cloud hosting dapat dilihat dari kustomisasi. VPS bisa dikustomisasi dengan luwes. Sedangkan cloud hosting tidak memiliki opsi kustomisasi seperti VPS. Salah satu contoh kustomisasi yang bisa dilakukan VPS adalah pemilihan panel.Anda bisa bebas memilih untuk memakai cPanel (WHM), Webuzo atau lainnya. Pilihan kustomisasi ini digunakan ketika Anda bekerja di bidang web agency atau web developer.

Yang kedua yaitu performa, untuk urusan performa, VPS lebih unggul dibandingkan cloud hosting. Sebab, Anda bebas melakukan kustomisasi sever virtual yang Anda miliki. 

Rekomendasi Artikel