Makanan dan Minuman tutup
TokoRiau.com Loading...
Kembali ke Home

Pengusaha Transportasi Wajib Tau, Perbedaan Asuransi TLO dan All Risk

Mengenal Perbedaan Asuransi TLO dan All Risk

Seiring dengan peningkatan jumlah kendaraan roda empat di Indonesia, tentunya menyebabkan semakin tinggi pula resiko terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. WHO bahkan mencatat, kecelakaan lalu lintas menjadi pembunuh terbesar ketiga di Inodonesia. Kelalaian merupakan salah satu faktor utama banyaknya kejadian kecelakaan lalu lintas.

Resiko-resiko yang tidak terhindarkan ini, membuat masyarakat kini semakin sadar dan paham akan pentingnya memiliki proteksi lebih untuk kendaraan kesayangan mereka dengan cara mengasuransikannya. Sehingga, sebenarnya saat ini asuransi bukanlah suatu hal yang baru di Indonesia. Produknya pun sudah banyak yang terjangkau bagi para pemilik mobil.

Secara umum, terdapat dua jenis perlindungan atau asuransi untuk mobil yang perlu Anda ketahui sebelum memilih, yaitu asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi All Risk. Sayangnya, saat dihadapkan pada dua pilihan asuransi ini, masih banyak pemilik mobil yang bingung mengenai perbedaan keduanya. Untuk itu, kami akan menjelaskan perbedaan antara kedua jenis asuransi ini.

Apa Perbedaan Asuransi TLO dan All Risk?

Pertama yang sering dijumpai adalah asuransi TLO. Sesuai dengan namanya, asuransi TLO hanya memberikan perlindungan pada mobil dari resiko kehilangan atau kerusakan yang menyebabkan mobil tidak bisa berfungsi kembali atau nilai perbaikannya sekitar 75% dari harga mobil sebelum kerugian terjadi.

Sebagai contoh, sebuah mobil mengalami kerugian yang cukup parah akibat pencurian atau kecelakaan. Setelah dihitung, biaya perbaikan sekitar Rp 150 juta. Jika ditaksir, mobil tersebut seharga Rp 200 juta. Sebanding dengan banyaknya perbaikan yang diperlukan, maka kerukan tersebut bisa dikategorikan bernilai perbaikan 75%. Sehingga, kerusakan ini bisa ditanggung oleh asuransi TLO. Sedangkan, apabila kerusakaan yang terjadi ringan dan dan kurang dari 75%, misalnya hanya sekadar pencurian kaca spion atau kerusakan bagian bodi atau bumper. Maka, biaya perbaikan ditanggung sendiri oleh pemilik mobil.

Inilah yang menjadi pembeda dengan asuransi All Risk atau sering juga disebut asuransi komprehensif. Asuransi yang satu ini menjamin kerusakan mobil secara komprehensif. Artinya, segala kerusakan dari yang kecil, seperti baret halus, penyok, atau kerusakan kecil lainnya hingga kerusakan besar akibat bencana alam, seluruhnya akan ditanggung pihak ketiga atau pihak asuransi sesuai dengan yang tertulis dalam polis.

Tak haya itu, asuransi jenis ini juga dapat memperluas perlindungan secara lebih menyeluruh. Perluasan yang dimaksud mencakup kemungkinan kerusakan akibat kerusuhan atau aksi huru hara. Bahkan, akan menjadi tanggung jawab piha ketiga juga, apabila penyebab kecelakaan menyebabkan pengendara lainnya mengalami luka.

Nah, setelah memahami perbedaan ini, tentukan asuransi yang sesuai. Sebagai gambaran, jika harga mobil terbilang tinggi, sehingga biaya kerusakan ringan pun biayanya tidak sedikit, maka sebaiknya pilihlah asuransi All Risk.

Auransi TLO dan All Risk di Pekanbaru
Apa itu Asuransi TLO
Apa itu Asuransi All Risk
Asuransi All Risk terbaik di Pekanbaru

Rekomendasi Artikel