Makanan dan Minuman tutup
Ladara Indonesia Loading...
Kembali ke Home

Inilah Perbedaan Tunik, Kemeja dan Baju Kurung

Suka bingung gak sih dengan perbedaan kemeja, tunik, dan baju kurung? Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang tunik dan kemeja, namun belum banyak yang kenal dengan baju kurung dan tahukah kamu ternyata baik kemeja, baju kurung dan tunik itu tak sama? Ada beberapa perbedaan tertentu yang membuatnya serupa namun tak sama. Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Kemeja
Pastinya anda sudah mengenal apa itu kemeja sebagai salah satu jenis pakaian. Sebagaimana yang anda ketahui bahwa jenis pakaian ini bisa dipakai atau fashion (mode) yang digemari baik oleh pria maupun wanita, meskipun pada kenyataannya lebih identik sebagai pakaian pria. Kemeja adalah sebuah baju dengan lengan panjang atau pendek, Berkrah, Menutup bagian tubuh atas, dan cenderung berkancing penuh. Dan kemejapun memiliki 2 jenis yaitu kemeja formal  yang dapat dipakai untuk acara formal atau resmi. pemilihan bahan sebelum membuatnya penting untuk dipilih. Bahan terbaik adalah yang tidak mudah kusut sehingga penampilan tetap rapi. Berikutnya kemeja casual  yang di mana pembuatannya memiliki corak, jenis kemeja ini memiliki karakteristik tersendiri. seringkali pemakaiannya tidak dikancingkan sampai atas dan tidak cocok untuk dipakaikan dasi.

2. Tunik
Mungkin sebagian dari Anda masih banyak yang belum mengenal apa itu baju tunik. merupakan pakaian longgar yang menutupi dada, bahu dan punggung. Tunik menjadi ikon fashion muslimah yang populer saat ini sehingga banyak disukai kaum hawa dan menjadi salah satu andalan fashion. Baju tunik juga cocok untuk digunakan di berbagai kegiatan formal maupun santai tentunya Baju tunik bisa dengan mudah Anda temukan di toko-toko pakaian. Ada banyak model dengan berbagai variasi warna dan corak yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

3. Baju Kurung
Baju kurung adalah pakaian tradisional asal Melayu yang berarti baju tertutup karena menutupi tubuh hingga lutut. Baju ini menjadi pakaian nasional dari Negara Brunei dan Malaysia. Karakter utama baju kurung adalah potongan yang longgar pada bagian dada, lengan, dan perut. Ketika dikenakan, panjang bagian bawah baju mencapai lutut. Yang membedakannya dengan tunik adalah tak adanya kancing atau resleting pada baju ini. Baju kurung adalah salah satu pakaian adat masyarakat Melayu dan Baju kurung dianggap populer dipakai oleh lelaki dan perempuan. 
Selain tak adanya kancing, baju kurung juga tak memiliki kerah sehingga potongan lehernya hanya membulat dan tak jarang sebagian orang memberikan variasi pada leher dengan ditambahkan renda atau sulam pada setiap ujung leher. Namun seiring dengan perkembangan tren fashion, beberapa label mengadopsi koleksi baju kurung sebagai koleksi pakaian yang lebih versatile. Baju kurung didesain lebih sleek dan modern biasanya baju kurung hadir dalam koleksi satu set atasan dan rok senada yang cantik.

Seiring perkembangan zaman dimana ide-ide cemerlang desainer fashion dunia selalu baru dan fashionable. Ini menyebabkan adanya perkembangan terhadap kemeja, tunik dan baju kurung yang membuat penampilan busana atau fashion semakin menarik.



Rekomendasi Artikel