Makanan dan Minuman tutup
TokoRiau.com Loading...
Kembali ke Home

Inilah Penjelasan Lengkap PT Perorangan

PT Perorangan adalah perseroan terbatas yang didirikan oleh 1 (satu) orang saja sebagai pemegang saham yang juga berperan sebagai Direktur untuk memenuhi ketentuan usaha mikro dan kecil. PT Perorangan adalah sebuah badan perusahaan pt yang memberikan jasa layanan dalam membuat pt , yang biasanya hanya perlu 1 orang saja untuk mengisi sahamnya.

PT Perorangan adalah Badan Hukum perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro dan Kecil sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan mengenai Usaha Mikro dan Kecil”.Anda bisa membuka usaha anda , usaha PT anda dengan Usaha Mikro dan kecil yang akan di dirikan oleh 1 orang dengan memenuhi syarat-syarat tertentu, nah disini kita akan mengulas dan membahasnya lebih detail lagi.

Oiya ,Bagi anda yang ingin mempromosikan produk anda namun bingung ingin promosikan dimana ,Tokoriau.com adalah solusinya dengan biaya promosi gratis maka rasakan produk anda menjangkau banyak orang CP Admin aja! (082370971110).

Pendirian badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dapat dilakukan oleh satu orang sebagai Pemegang saham sekaligus Direktur.

 

Sebagaimana telah diresmikannya Undang-Undang Cipta Kerja No. 11 tahun 2020 (UU Cipta Kerja) Tentunya hal ini sangat mendukung kemudahan para pelaku usaha dalam membangun usahanya.

Seperti yang tertulis “Perseroan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro dan Kecil dapat didirikan oleh 1 (satu) orang”

— UU Cipta Kerja Pasal 153A ayat 1

Syaratnya yaitu :

·         Memenuhi kriteria UMK
·         Hanya ada 1 pemegang saham
·         Pendiri berusia minimal 17 tahun
·         Pendiri cakap hukum
·         Pendiri adalah Warga Negara Indonesia
·         Pendiri hanya dapat mendirikan 1x PT Perorangan dalam 1 tahun

 

PT Perorangan hanya dapat didirikan untuk kriteria usaha mikro dan kecil sesuai dengan PP No 7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, Dan Pemberdayaan Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. 

 

Kriteria usaha mikro ditentukan berdasarkan modal usaha maksimal Rp 1 miliar tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau hasil penjualan tahunan maksimal Rp 2 miliar.

 

Sementara usaha kecil ditentukan berdasarkan kepemilikan modal usaha lebih dari Rp1 miliar-Rp 5 miliar tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp2 miliar-Rp15 miliar.

 

Berikut Keuntungan PT Perorangan :

·         Memberikan perlindungan hokum kepada para pelaku usaha melalui pemisahan keakayaan pribadi dengan kekayaan perseroan.
·         Cara pendirian yang sangat mudah, yaitu cukup dengan mengisi form pernyataan pendirian secara elektronik sehingga tidak memerlukan akta notaris.
·         Status badan hokum diperoleh setelah mendaftarkan pernyataan pendirian secara elektronik (tidak lagi melalui pengesahan).

 

Nah begitulah informasi terkait dengan PT perorangan , yang akan membantu anda dalam membuka usaha anda, semoga bermanfaat ya.

(L.Ahm)

Kamis,28 April 2022

 

 

 

 

Rekomendasi Artikel