Makanan dan Minuman tutup
TokoRiau.com Loading...
Kembali ke Home

5 Perawatan Karet Wiper Agar Tahan lama

5 Perawatan Karet Wiper Agar Tahan lama

Wiper merupakan salah satu komponen mobil yang penting terutama saat musim hujan tiba. Fungsi wiper adalah untuk menjaga agar kaca mobil pada bagian depan dan belakang tetap jernih sekalipun dalam kondisi hujan deras. Sama seperti komponen mobil yang lain, karet wiper juga perlu dirawat agar tahan lama. 

1. Mengangkat Wiper Saat Mobil Tidak Digunakan
Mengangkat wiper saat mobil tidak digunakan memang terdengar sederhana. Namun, hal ini sangat penting karena dapat memengaruhi umur pakai wiper. Karet wiper yang basah dan dibiarkan menempel pada kaca mobil begitu saja hingga mengering dapat menyebabkan jamur tumbuh dengan cepat. Apabila hal ini dibiarkan, karet wiper bisa sobek saat akan digunakan Kembali. Akibatnya, kaca mobil yang menggunakan wiper tersebut pun akan cepat baret atau tergores. 

2. Rajin Membersihkan Karet Wiper
Karet wiper juga perlu dibersihkan. Pasalnya, karet wiper yang dibiarkan kotor akan membuat umurnya tidak bertahan lama. Selain itu, kotoran yang menumpuk juga memungkinkan jamur untuk tumbuh di sana. Oleh karena itulah karet wiper harus dibersihkan secara rutin menggunakan kain basah. Jika noda membandel tidak juga hilang, Anda bisa menggunakan sedikit sabun untuk kemudian dibersihkan dengan kain basah. 

3. Tidak Menggunakan Wiper untuk Menyeka Kotoran di Kaca
Kotoran di kaca mobil bukanlah hal yang asing. Namun, jika Anda menemukan kotoran pada permukaan kaca mobil, Anda tidak disarankan untuk membersihkannya menggunakan wiper. Ini karena kotoran tersebut bisa berpotensi merusak karet wiper, terutama kotoran-kotoran yang bertekstur kasar dan telah mengering di permukaan kaca. Selain dapat menyebabkan kerusakan pada wiper, kotoran tersebut juga berpotensi menggores permukaan kaca karena sifatnya yang tajam dan kasar.

4. Memarkir Mobil di Tempat Teduh
Saat memarkir mobil, sangat disarankan untuk memilih tempat yang teduh. Hindari memarkir mobil di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Ini karena kebiasaan tersebut dapat menyebabkan karet wiper cepat rusak. Pasalnya, fleksibilitas atau elastisitas karet dapat berkurang apabila terkena sinar matahari langsung. Apabila dibiarkan, karet akan semakin kehilangan elastisitas atau sifat lenturnya sehingga menjadi kering dan keras. Akibatnya, kemampuan karet wiper dalam menjaga kejernihan kaca mobil pun akan berkurang.  

5. Gunakan Wiper dalam kondisi Basah
Hindari menggunakan wiper dalam kondisi kering. Ini karena wiper tidak dapat bergerak dengan leluasa apabila permukaan kaca tidak dalam kondisi basah. Kaca yang basah justru membuat wiper lebih mudah untuk bergerak menjaga kejernihan kaca mobil. Oleh karena itulah sangat disarankan untuk membasahi wiper dan kaca mobil terlebih dahulu dengan cairan wiper sebelum menggunakannya. Penggunaan air juga dapat membuat noda atau kotoran lebih mudah dibersihkan dan mencegah timbulnya goresan pada kaca.

Rekomendasi Artikel